Rekrutmen Calon Pegawai Bank Indonesia

Mumpung masih hangat dalam ingatan, saya mau berbagi cerita mengenai rangkaian psikotest rekrutmen calon pegawai Bank Indonesia yang diadakan Minggu, 21 Mei 2017. Sekitar 1 bulan lalu, Bank Indonesia membuka rekrutmen posisi staf. Mungkin, sebagian dari kita hanya tahu penerimaan pegawai Bank Indonesia melalui jalur PCPM, ternyata ada juga jalur lain selain itu hehe. Pada rekrutmen ini dibuka 5/6 lowongan (saya sedikit lupa) dan mayoritas dibuka untuk laki-laki. Saya mencoba mendaftar bagian PPL (Pegawai Pelaksana Yunior), posisi ini terbuka untuk perempuan dan laki-laki dan salah satu kriterianya ada jurusan saya :”) so langsung daftar! (Selalu terharu dg rekrutmen BUMN/Lembaga pemerintah yg membuka lowongan all major atau diutamakan jurusan perpustakaan. Maklum jurusan saya antimainstream haha. Lanjut!). Sama dengan PCPM, PPM masih dipercaya oleh Bank Indonesia untuk mengurusi rekrutmen calon pegawai tahun ini. Jujur, saya selalu gagal administrasi PPM di beberapa rekrutmen tetangga. Tahu mereka jadi vendornya rada hopeless, tetapi Tuhan berkata lain saya dinyatakan lolos. Yeay!

Bagi peserta yang lolos admin akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu tes psikotest. ET…..lebih tepatnya tes psikotest, tes kebanksentralan dan tes bahasa inggris. Paket lengkap! Saya mendapat lokasi tes di Auditorium Perbanas, Minggu 21 Mei pukul 07.30. Tesnya berlangsung kurang lebih 8 jam. Oh iya, pembagian tes ini berdasarkan huruf depan nama peserta dan posisi yang mereka pilih. Jadi, di uangan saya merupakan peserta yang berawalan huruf S dan posisi PPJ. Totalnya berjumlah 200 orang.

Tepat pukul 08.00, tes psikotes dimulai. Kami diberi lembar jawaban dan buku tes. Tes terbagi ke 8 sub test antara lain bangun datar, bangun ruang, premis kalimat, kesimpulan paragraf, analogi kata, deret angka, matematika, satu lagi lupa 😦 Dari ke 8 tes tersebut, saya menyerah dengan deret angka dan matematika. Menurut saya soalnya susah dan waktunya cepet huhu. Memang dasarnya saya lemah di hitungan 😐 Seinget saya hanya mengisi 5-7 soal saja hahahahahha /cry/. Di dua sub tes tersebut, peserta tidak bisa asal tangtingtung manakah yang saya pilih. Karena cara menjawabnya menyilang angka dari jawaban. Paham engga? Paham dong…. Gini, biasanya kan pilih jawaban berdasarkan a b c d, kalau ini tersedia kolom 0 – 9, nah tugas kita silang angka hasil jawaban. Misal 4 + 8 = 12, jadi di ljk kita silang angka 1 dan 2. Berhubung saya baru pertama kali dapat model soal begini jadi agak syok :((

Kemudian, tes epps. Kita memilih 1 pilihan yang mencerminkan diri kita. Selanjutnya tes kebanksentralan berjumlah 40 soal pilihan ganda. Materinya seputar BI, uang dan lembaga keuangan. Menurut saya, soalnya tidak sesulit yang dipikirkan. Setelah itu masuk tes pauli. Siap-siap mabok angka! Pauli selesai lanjut tes gambar. Peserta diminta gambar manusia, pohon, dan tes warteg. Lalu dilanjutkan dengan tes jawab pertanyaan (gatau nama tes ini apa…….) intinya jawab pertanyaan secara singkat, cepat dan jelas dari 10 pertanyaan. Dan tes terakhir adalah bahasa inggris yuhuuuuu :’))) Pada tes ini, baca nomor 1 saya sudah kagok mau jawab apa hahaha susah :’ tapi readingnya engga terlalu sih. Oke kelar! *sujud syukur*

Sekarang sedang menanti hasil pengumuman minggu depan. Saya sudh mengerjakan semampu dan sebaik mungkin. Lolos atau tidak lolos tergantung dari keputusanNya. Semoga kita diberi jawaban yang terbaik. Amin

.

.

.

.

.

yeay akhirnya icip psikotes PPM! Nambah pengalaman dan pembelajaran model tes baru hahaha ><

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s