Penerapan IQ, EQ, dan SQ dalam dunia pendidikan dan masing-masing berikan contohnya

Kecerdasan adalah kemampuan manusia dalam menilai suatu masalah, memahami mengapa masalah itu terjadi dan bagaimana mengatasi masalah tersebut  sehingga muncul solusi atas masalah di kehidupannya. Kecerdasan terbagi kedalam 3 rumpun yaitu IQ, EQ, dan SQ.

IQ ( Intellegence Qoutient ) merupakan tingkat kecerdasan manusia yang ditentukan secara metodik melalui tes. Sekarang, IQ  sering kali dianggap sebagai kecerdasan mendasar bagi manusia, banyak orang tua menganggap anak pintar adalah anak yang memiliki IQ diatas rata-rata 130 ( very superior ), dan masa depannya pasti menjadi orang sukses padahal tidak sepenuhnya benar terjadi di realitanya.

 

EQ ( Emotional Qoutient ) merupakan kecerdasan  manusia dalam mengontrol perasaan, mengatur emosi, mengendalikan diri, sosialisasi, kerja sama,  dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mengapa EQ sangat berperan penting dalam pendidikan ?  karena menurut saya, pintar dalam teori saja tidak cukup, tetapi  harus mempunyai kemampuan mengenali diri meliputi kelebihan dan kekurangan sehingga dapat mengintropeksi menjadi lebih baik, EQ juga berperan sebagai kompas moral dan etika kepada orang lain ( orang tua, guru dan teman – teman )

 

Dan terakhir adalah SQ ( Spiritual Qoutient ) merupakan kecerdasan spiritual manusia, landasan dalam memfungsikan  IQ dan EQ secara efektif.  Jika seseorang mempunyai IQ tinggi, EQ sangat baik dan sudah memperoleh  prestasi dan kesuksesan dikehidupan, disinilah peran SQ sebagai pembatas kepuasan manusia agar tidak terlarut dan terpuaskan dengan hal duniawi semata. Seseorang harus tetap ingat kepada Sang Pencipta, atas pemberian anugerah kecerdasan dalam dirinya

Dapat saya simpulkan, bahwa IQ, EQ, dan SQ harus seimbang satu sama lain dalam bidang pendidikan. Kecerdasan teori, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual harus dipadupadankan dalam diri kita, agar impian-impian kita dapat terwujud menjadi kesuksesan di masa depan.

 

sumber : http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197507292005012-IFA_HANIFAH_MISBACH/IQ,EQ,SQ.pdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s